Tak Berkategori

Polres Bengkulu Amankan Prosesi Tabot di Tengah Pandemi Covid-19

Sama seperti tahun sebelumnya, rangkaian pelaksanaan perayaan festival Tabut di Provinsi Bengkulu tidak digelar secara meriah. Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih bergejolak sehingga di khawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

Meski demikian KKT (Kerukunan Keluarga Tabut) TABUT Kelurahan Berkas Kota Bengkulu tak mau melewatkannya begitu saja. Kamis (19/08/2021) telah berlangsung rangkaian kegiatan acara puncak dari Ritual tabut yaitu Tabut. Bhabinkamtibmas di Kelurahan Brigpol Jonson Carlos melaksanakan monitoring pengaturan dan pengawalan rangkaian tabot Tebuang di kelurahan Berkas yang rencananya tabot akan di buang di pantai Berkas. Sebelum kegiatan, Brigpol Jonson juga telah memberikan arahan kepada KKT untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kegiatan berlangsung lancar dengan menerapkan prokes covid-19. Situasi dalam keadaan aman dan kondusif,” jelasnya dalam laporan.

Sementara itu pada waktu yang sama juga dilaksanakan rangkaian kegiatan acara puncak dari Ritual tabut yaitu Tabut Tebuang yang diselenggarakan oleh KKT (Kerukunan Keluarga Tabut) Tabut Imam Senggolo Kota Bengkulu. Sebelum rangkaian berlangsung seluruh peserta terlebih dahulu berkumpul di markas Tabut Imam Senggolo Jl. Letkol Sentosa Kel. Pasar Melintang Kec. Teluk Segara Kota Bengkulu, selanjutnya Adil Qurniawan memimpin anggotanya bergerak menuju Makam Keramat Karabela Kel. Kebun Tebeng Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu dengan menggunakan serta membawa dua buah simbol tabut

Sebelum berangkat rombongan KKT Imam Senggolo melaksanakan prosesi Soja (penghormatan tabot Tua) dan setelah itu langsung bergerak menuju lokasi pembuangan yaitu di Pemakaman Karabela dengan route Simpang Unihaz – Pintu Batu – Jamik – Soeprapto – Sp. Lima – Sp. Skip – Padang Jati – dan Finis di makam karabela. Souce Humas Polda Bengkulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *